Mengenal Koneksi BroadBand

Broadband ASDLKoneksi dial-up yang leletnya megellin.com bisa bikin stresss lho wkwkwkkwkwk
Nah, mungkin sudah saatnya kau mencari koneksi internet alternatif. Koneksi yang bisa memuaskan keinginan dan kepuasaan mu.
Dengan begitu banyak hiburan dan hal menyenangkan yang bisa kau dapat di internet, bersiaplah untuk selalu sabar menunggu dan menunggu jika tetap mengandalkan koneksi dial-up.
Lalu, apa solusi alternatifnya?
Broadband salah satunya.
Kenapa broadband? Apa keistimewaannya?
Dengan broadband kau bisa menikmati akses internet yang cepat. Sama seperti dial-up, broadband juga menggunakan saluran telepon. Tapi broadband menawarkan kecepatan yang jauh lebih tinggi dibanding dial-up.
Bagaimana dengan biaya? Apa broadband juga sama dengan dial-up?
Hampir. Saat menggunakan dial-up, kau cuma membayar sebanyak yang kau gunakan. Artinya, kau tidak perlu berlangganan. Dan broadband hampir mirip dengan itu. Kau cuma membayar sebanyak yang kau gunakan. Tapi pihak provider broadband biasanya menentukan limit terendah dari jumlah pemakaian.
Broadband tidak seperti dial-up yang tidak menuntut mu untuk berlangganan. Untuk menggunakan broadband kau harus rela berlangganan. Jadi, kalo kau cuma menggunakan internet 5-10 jam perbulan, mungkin broadband belum cocok untuk mu.
Apa lagi kelebihan broadband?
Dengan broadband, kau bisa tetap menelpon sambil surfing di internet. Jadi, broadband tidak memonopoli saluran telepon. Broadband dan telepon bisa berjalan beriringan.
Broadband juga tidak seperti dial-up, yang membutuhkan waktu untuk tersambung ke komputer server, lalu ke internet. Broadband selalu itu Always On.
Artinya, dengan broadband, kau tidak membutuhkan waktu untuk menunggu. Begitu kau nyalakan, saat itu juga kau langsung terhubung ke server, dan bisa langsung surfing ke internet.
Selain itu, apalagi keuntungan menggunakan broadband?
Banyak. Misalnya komunikasi. Broadband memberikan kemudahan kepada mereka yang ingin selalu berkomunikasi dengan keluarga, teman, relasi, atau siapa saja.
Lalu hiburan. Dengan broadband, kau bisa mencari dan menonton film melalui internet. Atau mendengarkan music, menonton tivi, atau mendengarkan radio melalui internet.
Selain itu?
Buat kamu yang hobi multiplayer game, dengan broadband kau bisa bermain online game sampe puas. Broadband memungkinkan mu untuk bertemu dan mengadu ketangkasan dengan para gamer dari seluruh penjuru dunia.
Ada lagi?
Ada, yaitu wireless network. Saat menggunakan broadband, kau bisa membuat jaringan wireless. Dengan jaringan itu, kau bisa mengakses internet dari manapun kau menginginkannya. Misalnya dari dapur, ruang tamu, beranda rumah, garasi, bahkan kamar mandi. Yep, pokoknya dimanapun. Asalkan masih terjangkau oleh sinyal wireless.
Wah, jadi pengen berlangganan broadband nih, tapi gimana caranya?
Ada empat langkah sederhana yang bisa kau lakukan. Pertama, cari tahu jenis layanan broadband seperti apa yang ada diwilayah mu. Kedua, cari providernya. Ketiga, cari tahu peralatan apa saja yang dibutuhin. Keempat, cari tahu juga, apa saja yang perlu kau ketahui sebelum memutuskan untuk berlangganan.
Tadi kau bilang cari tahu jenis layanan broadband, emang broadband itu ada berapa jenis?
Jenis yang pertama disebut ADSL. Yaitu singkatan dari Asymmetric Digital Subscriber Line. Yang artinya, kau bisa menggunakan saluran telepon yang ada dirumah untuk menggunakan broadband jenis ini.

Keuntungannya?
MicrofilterSaat ini sudah mulai banyak wilayah dan kota yang terjangkau oleh layanan broadband jenis ini. Selain itu, pihak provider biasanya akan menyediakan semua perangkat yang kau perlukan. Jadi, kau tinggal bayar, install, dan pake'.
Kekurangannya?
Belum semua kota dan wilayah terjangkau broadband jenis ini. Jadi, jika kau tidak menemukannya di kota atau wilayah mu, berarti kau belum termasuk orang yang beruntung. Sekalipun diwilayah mu sudah ada, tapi bila lokasinya masih terlalu jauh dari provider, mungkin kau cuma bisa mendapat layanan yang sifatnya terbatas.
Apa cuma itu saja kekurangannya?
Oh.. ya... satu lagi. Karena broadband jenis ini menggunakan saluran telepon rumah, artinya... semakin banyak orang yang menggunakan broadband jenis ini di sekitar rumah mu, akan semakin tidak baik pula dampaknya poda kecepatan akses internet mu. Apalagi, kalo waktu mengaksesnya bersamaan.
Selain ASDL, jenis broadband apalagi yang ada?
Kabel atau TV Kabel. Broadband jenis ini menggunakan TV kabel. Keuntungan broadband jenis ini sama seperti ASDL. Cuma katanya, broadband jenis ini relatif lebih cepat. Sedang untuk kekurangannya, juga sama dengan ASDL.
Selain TV Kabel, jenis broadband yang terakhir adalah yang menggunakan Satelite. Broadband jenis ini mungkin yang paling mahal. Kecepatannya pun tidak sebaik ASDL dan TV Kabel. Apalagi saat cuaca buruk.
Wah.. jadi makin pengen pake broadband. Kalo misalnya pengen berlangganan, hal apa saja yang musti diperhatikan?
Kecepatan, itu yang pertama. Tanyakan sejelas-jelasnya, berapa kecepatan yang mereka tawarkan. Tanya juga sama orang yang sudah berlangganan, apa benar kecepatan yang mereka dapat seperti yang dijanjikan.
Yang kedua, batas penggunaan atau pemakaian. Broadband umumnya menyediakan tiga macam jenis. Yaitu Unlimited alias tidak terbatas, Limited, dan Pay As You Go alias tergantung jumlah pemakaian.
Hal ketiga yaitu peralatan. Tanyaken sejelas-jelasnya kepada pihak provider, apakah mereka akan memberikan, menyewakan, atau meminjamkan semua peralatan.
Lalu yang keempat batas minimum kontrak. Tanyaken, berapa lama minimal waktu yang diperbolehkan untuk membatalkan kontrak. 1, 6, 12 bulan, atau berapa?
Emang, apa aja sih peralatan utama untuk mengakses broadband itu?
Yang pertama tentunya pasti Komputer. Bisa berupa laptop atau desktop. Kalo kamu bingung mau pilih yang mana, baca tuh tulisan kami mengenai perbedaan laptop dan desktop. Peralatan yang kedua Saluran Telepon. Ini buat yang pake ASDL tentunya.
Yang ketiga Modem. Dan yang keempat Microfilter. Ini juga khusus untuk ASDL. Alat ini gunanya untuk membagi saluran telepon menjadi dua. Satu untuk telepon, dan satu lagi untuk broadband. Contohnya bisa dilihat pada gambar dibawah ini.

Ok, broadband sepertinya memang menarik, tapi... apa broadband cocok untuk semua orang?
Broadband mungkin memang bukan untuk semua orang. Broadband mungkin lebih cocok buat mereka yang:
  • Internet Shopper - Suka berbelanja dan mencari berbagai produk di internet.
  • Technophobe - Ingin akses internet yang cepat tapi tak mau pusing oleh hal-hal berbau teknis.
  • Music Maestro - Mencintai music dan selalu ingin mendownload MP3.
  • Photofanatic - Hobi mengumpulkan photo digital.
  • Online Gamer - Selalu mencari game online terbaru.
  • Wireless Wonder - Membutuhkan akses internet tanpa kabel.
  • Home Worker - Menjalankan bisnis di internet dan bekerja dirumah.
  • Diehard Downloader - Selalu mencari file untuk didownload.
g imana gan ??? Lanjuuuuuutttt !!!1 :-D