Jokowi Gratiskan Sepeda Motor Melalui Tol Jembatan Suramadu

Presiden Joko Widodo (Jokowi) memerintahkan semua pengelola jalan tol untuk turunkan tarif tolnya. Mengenai penurunan yang di idamkan Jokowi pada 25 % sampai 35 % pada H-10 hingga H+5 Lebaran.

Penurunan tarif disamping itu dibutuhkan untuk memudahkan beban pemudik, membagi keceriaan berbarengan, serta menghimpit cost distribusi logistik bahan pokok mendekati serta setelah Lebaran.


" Presiden keluarkan perintah itu waktu resmikan beroperasinya jalan tol Gempol-Pandaan Jawa Timur, hari ini, " ‎ kata Tim Komunikasi Presiden, Teten Masduki, Jumat (12/6/2015).

Beroperasinya tol Gempol-Pandaan diinginkan dapat mempersingkat saat tempuh untuk kendaraan yang melewati jalur Surabaya-Malang.

Jalan tol Gempol-Pandaan selama 13, 61 km yang dioperasikan PT Layanan Marga Pandaan Tol ini menelan cost investasi sebesar Rp 1, 472 triliun.


Ruas jalan tol yang disebut sisi dari jalan tol Surabaya - Gempol ini memakai jenis pengerasan kaku (rigid pavement). Ruas ini dilengkapi sembilan jembatan serta dua simpang susun, yaitu Gempol Inter Change serta Pandaan Inter Change.

Di kesempatan ini dapat, Presiden Jokowi menginformasikan pemberlakuan pembebasan cost tarif tol Jembatan Suramadu untuk kendaraan bermotor roda dua.

Pembebasan yang mulai diberlakukan pada 13 Juni 2015 jam 00. 00 WIB itu, ditujukan untuk mensupport mobilitas orang-orang dari Pulau Jawa ke Pulau Madura serta demikian sebaliknya.

Presiden meminta baik orang-orang Surabaya ataupun Madura untuk memakai pembebasan cost ini sekalian juga meminta supaya orang-orang di ke-2 lokasi itu pelihara Jembatan Suramadu dengan sebaik-baiknya.